RPP LINGKUNGAN HIDUP

Standar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungbanteng
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar Kompetensi : Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit (1 x pertemuan)

INDIKATOR

-Kognitif proses : Mengidentifikasi upaya pelestarian lingkungan hidup

-Kognitif produk : Mengidentifikasi upaya pelestarian tanah
Mengidentifikasi pelestarian air
Mengidentifikasi upaya pelestarian udara
Mengidentifikasi upaya pelestarian hutan
Mengidentifikasi upaya pelestarian laut dan pantai
Mengidentifikasi upaya pelestarian flora dan fauna
Mengidentifikasi bentuk program pemerintah terhadap pecinta lingkungan

-Psikomotor : trampil menanam bunga dan melestarikannya dengan cara menyiram tanaman halaman kelas
-Afektif karakter: menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan
-Afektif kemampuan sosial : menunjukkan komunikasi efektif untuk bekerjasama dalam penanaman dan pelestarian lingkungan hidup
A. Tujuan Pembelajaran :
Kognitif proses : siswa mampu mengidentifikasi upaya pelestarian lingkungan hidup
-Kognitif produk : siswa mampu mengidentifikasi upaya pelestarian tanah, air, udara, hutan, laut dan pantai, flora dan fauna

-Psikomotor : siswa trampil menanam pohon dan melestarikannya dengan cara menyiram
-Afektif karakter : siswa mampu menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan
-Afektif kemampuan sosial : siswa mampu menunjukkan komunikasi efektif untuk bekerjasama dalam penanaman dan pelestarian lingkungan hidup

B. Materi Ajar
Upaya Pelestarian Lingkungan hidup
Upaya pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah
a. Pelestarian tanah
b. Pelestarian air
c. Pelestarian udara
d. Pelestarian hutan
e. Pelestarian laut dan pantai
f. Pelestarian flora dan fauna
g. Pelestarian dan Program dari pemerintah terhadap pecinta lingkungan hidup
C. Metode Pembelajaran:
a. Ceramah bervariasi
b. Diskusi kelompok
c. Demonstrasi
d. Tanya jawab
e. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
A. Kegiatan Pendahuluan
– Orientasi : guru menyampaiakn tujuan pembelajaran
: guru menayangkan gambar-gambar kerusakan lingkungan hidup melalui powerpoin
– Appersepsi :Guru menyampaikan contoh kerusakan lingkungan hidup yang ada disekitar kita
– Motivasi : guru menyampaikan manfaat mempelajari lingkungan hidup
– Pemberian Acuan: guru menyampaikan materi pokok tentang pelestarian lingkungan hidup
– Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok

B.Kegiatan Inti :
 Eksplorasi
 Guru menggali kemampuan siswa mengidentifikasi macam-macam kerusakan lingkungan
 Guru menggali kemampuan siswa mengidentifikasi upaya pelestarian lingkungan hidup
1.Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o Memfasilitasi belajar siswa untuk melakukan diskusi kelompok
o Membagi lembar kerja siswa perkelompok
o Melakukan penilaian proses diskusi kelompok dengan menggunakan rubrik pengamatan
o Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan siswa lain memberi tanggapan
o Siswa membaca bentuk upaya pelestarian yang dilakukan pemerintah dan beberapa bentuk program terhadap pecinta lingkungan
o Siswa melakukan demonstrasi menanam dan menyiram pohon didepan kelas
2. Konfirmasi
o Guru memberikan penegasan dan penguatan konsep
o Bersama siswa menarik kesimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o Membuat simpulan
o Evaluasi secara tertulis
o memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
o memberikan tugas browsing mengutip di internet tentang krisis sampah di beberapa negara berpenduduk banyak

E. Alat/ Bahan / Sumber Belajar
 materi melalui tayangan powerpoint
 gambar-gambar lingkungan hidup
 Buku IPS Yudhistira
 Buku IPS bse

F. Penilaian
a. – Jenis penilaian : kognitif, psikomotor, afektif
– Bentuk penilaian : PG
b. Kisi-kisi soal, soal, kunci jawban dan pedoman penilaian
c. Rubrik pengamatan

PENYEBAB SULIT TIDUR

Standar

Belakangan ini, setiap malam lebih dari jam 12 baru bisa tidur. Tentunya hal ini menyebabkan pagi harinya kurang fit dan untuk memulai hari jadi kurang bersemangat. Karena bangun tidur yang dipaksakan kondisi masih mengantuk. kudu dijembreng matane, dicagak karo cuncek rek jes.😛

Berikut ini beberapa hal yang meyebabkan seseorang merasa insomnia, susah tidur , yuk kita simak :

Stres dan masalah mental
Insomnia adalah paduan dari gejala dan akibat dari depresi dan kegelisahan. Karena otak menggunakan ‘sinyal’ serupa untuk mengatur jadwal tidur dan emosi, sangat sulit untuk menentukan mana yang harus dimunculkan lebih dulu. Situasi atau kejadian yang membuat stres, seperti masalah uang atau perkawinan, sangat ampuh untuk memicu insomnia. Bahkan, bisa jadi masalah ini akan berkepanjangan.

Sakit
Dalam satu studi terungkap bahwa dari sekitar 15 persen orang yang menderita penyakit kronis, setidaknya dua per tiga dari mereka dilaporkan mengalami kesulitan tidur. Sakit punggung, sakit kepala, dan masalah pada persendian menjadi penyebab utama sulit tidur.

Perubahan jam kerja
Jam kerja yang berlawanan dengan jam tidur normal. Orang yang kerap berpindah jam kerja mengalami penurunan level serotonin, hormon dan saraf pengirim yang terdapat dalam sistem saraf pusat yang membantu mengatur tidur.

Mengorok
Dalam sejumlah kasus, mengorok merupakan gejala dari sleep apnea, kelainan yang dikaitkan dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Atau bisa jadi karena kelelahan, orang yang terlalu keras dalam bekerja, terforsir tenaganya menyebabkan dengkur yang sangat merdu bagi orang yang tidur disebelahnya.:D

Jet lag
Melintasi zona waktu bisa mengacaukan jam biologis ini. Jam inilah yang memerintahkan otak Anda tidur ketika gelap dan terbangun saat terang. Tubuh Anda baru dapat menyesuaikan dengan satu perubahan dalam tiga hari. Bila Anda kerap melintasi berbagai zona waktu, jet lag dapat menyebabkan masalah tidur.

Perubahan hormon
Menstruasi, menopause, dan kehamilan merupakan sumber utama masalah tidur pada perempuan. Ruam panas, masalah payudara, atau sering buang air kecil juga mengganggu pola tidur teratur. Menurut sebuah lembaga yang menangani masalah tidur, sekitar 40 persen yang mengalami masa transisi menjelang menopause kerap mengalami masalah tidur.

Masalah kesehatan
Kesulitan tidur juga dapat terkait dengan kondisi medis. Dengan penyakit paru-paru atau asma, misalnya, sesak napas dan bersin tentu saja bisa mengganggu tidur. Apalagi, bila ini terjadi saat dini hari. Bila Anda mengalami penyakit jantung, bisa saja Anda punya pola bernapas yang tidak normal. Parkinson dan penyakit saraf lain juga mencuatkan insomnia sebagai efek samping.

Obat-obatan
Obat, yang bebas atau dengan resep dokter, bisa mengganggu pola tidur. Terlebih bila Anda mengonsumsinya menjelang waktu tidur atau dosisnya berlebihan.

Online berlebihan
Meningkatnya kebutuhan online,game, chating, micro blogging dan berselancar di dunia maya bisa menyebabkan seseorang lupa tidur lupa makan dan pekerjaan. Aturlah waktu anda untuk online dengan memberikan batasan-batasan secara mandiri dan berkomitmen supaya kebutuhan tidur cukup dapat terpenuhi.

mudah-mudahan bermanfaat

Banyak cara supaya tidak mudah lupa

Standar

Sering dialami banyak orang, lupa menaruh kunci mobil, nyari-nyari kacamata padahal lagi dipakai…
yang dialami sama saya, lupa menaruh file di folder mana…saking banyaknya file..
nah disini ada beberapa tips supaya gak mudah lupa..
1.Padatkan
Ketika mengingat-ingat deretan huruf yang panjang seperti 33987643134509, pecahkanlah menjadi: 33 98 76 43 13 45 09.

2. Jangan menjejalkan
Lebih baik memberi ruang pada proses belajar. Contohnya, ketika Anda belajar bahasa asing, jangan mengulang satu kata terus-menerus. Demikian saran dr Chris Moulin dari Leeds Memory Group. Ulangi beberapa kali, dan kemudian lanjutkan lagi, dan kembali lagi nanti.

3. Ciptakan petunjuk
Jika kamu mempunyai kegiatan teratur setiap hari pada waktu tertentu, seperti minum obat, berilah petunjuk dirimu sendiri untuk menolong niatanmu tersebut. Misalnya: “Ketika acara TV ini selesai aku akan meminum obat.”

4. Gunakan gambar
Satu cara untuk mengingat sesuatu, seperti nama orang, adalah menggambarkan wajah mereka. Jadi ketika kamu bertemu Joe Diamond, bayangkan sebuah intan (diamond). Kamu harus lebih kreatif untuk menggambarkan nama orang dengan nama yang tidak biasa.

5. Buat lebih bermakna
Gunakan arti khusus untuk mewakili sebuah fakta atau angka, jika Anda perlu mengingat angka 50110662012, pikirkan jins Levi’s, Perang Hastings, atau Olimpiade London.

6. Buatlah lebih pribadi
Buatlah sesuatu yang ingin kamu ingat berhubungan dengan dirimu sendiri. Itu pertolongan mengingat yang plaing baik. Contohnya Blair mulai berkuasa pada tahun 1997, kamu lulus tahun 1997.

7. Metode Kamar Roma
Metode Kamar Roma adalah tentang mengingat rangkaian informasi dengan memvisualisasikan mereka ke dalam sebuah lokasi. Gunakan tempat yang kamu tahu dengn baik, lakukan perjalanan pikiran melewati kamar dalam tatanan yang teratur. Kemudian letakkan informasi dari daftarmu satu per satu ke dalam setiap kamar.

Jadi ketika ingin mengingat Perdana Menteri, tempatkan Harold Wilson di lorong, James Callaghan di ruang keluarga, Margareth Thatcher di dapur dan seterusnya. Pikirkan itu pelan-pelan dan itu akan terus menempel.

8. Rutinitas
Rutinitas yang membosankan adalah teman terbaik ingatan. Letakkan barang-barang tersebut di tempat yang sama di waktu yang lama. Semakin terbiasa, semakin mudah Anda mengingat.

9. Menghafal
Menghafal adalah teknik pembelajaran yang menolong daya ingat – seperti ‘Mejikuhibiniu’ untuk mengingat warna pelangi. Gunakan frasa untuk mengingat hal, semakin aneh semakin baik.

10. Makan ikan berlendir
Minyak Omega-3 yang ada pada ikan berlendir, dapat membantu kekuatan Anda berkonsentrasi.

11. Konsumsi choline
Choline, asam amino yang ada pada telur, hati, ayam dan kedelai, dapat menjaga otak dan meningkatkan daya ingat. Penelitian terbaru menunjukkan, orang dengan konsumsi choline yang tinggi berhasil menyelesaikan tes daya ingat dengan lebih baik — walau diet kesehatan jangka panjang adalah kunci utama untuk menjaga fungsi otak yang baik, dengan sayuran hijau, buah beri, tomat, kacang dan kecambah adalah makanan yang baik untuk daya ingat.

12. Olahraga
Sebuah penelitian Cambridge University menyebutkan, latihan aerobik teratur seperti jogging dapat meningkatkan daya ingat dengan memicu pertumbuhan neuron baru di otak.

13. Mengajar
Mengajari konsep baru pada orang lain bisa membantu ingatanmu pada hal tersebut. Jadi berikan mata kuliah kecil untuk temanmu ketika kalian berdua belajar untuk tes yang sama.

14. Berpikiran positif
Menurut ahli kesehatan Harvard, stereotipe negatif tentang penuaan membuat daya ingat menurun. Jadi orang tua menghasilkan nilai yang tes daya ingat yang buruk ketika dihadapkan pada pernyataan pesimis tentang usia dan kekuatan otak — dan lebih baik ketika mendengar pesan untuk menjaga daya ingat tetap kuat hingga pensiun.

15. Gunakan seluruh inderamu
Makin banyak indera yang kamu gunakan ketika mengalami suatu kejadian, semakin mudah Anda mengingatnya nanti. Contoh, penciuman bisa secara cepat mengembalikan kenangan masa lalu. Jadi mulailah mengendus.

16. Catat
Gambar atau tulislah informasi yang ingin diingat.

17. Pengulangan
Ketika kamu ingin mengingat hal baru, ulangi dengan keras. Contohnya jika kamu baru diberitahu nama seseorang, panggil nama mereka ketika berbicara dengan orang tersebut.

18. Tantang dirimu sendiri
Beraktivitas memerlukan konsentrasi. Bergabunglah dengan klub membaca, teka-teki silang atau mencoba resep masakan baru. Kegiatan apapun yang menggunakan otak akan menolongmu untuk menjaga bakat hingga tua nanti.

19. Tulis, jangan ketik
Jari Anda mungkin akan kikuk menggunakan alat tulis ketika sudah terbiasa mengetik, namun menulis dengan tangan dapat membuat otak memproses informasi dengan lebih baik. Jadi ketika belajar hal yang baru, tulislah.

20. Meditasi
Penelitian AS menunjukkan, pengobatan harian mempertebal bagian otak cerebral cortex, yang bertanggungjawab membuat keputusan, perhatian dan daya ingat. Cobalah melakukan teknik mengosongkan pikiran, berfokus pada sebuah gambar, suara atau napas Anda sendiri.

selain itu mengisi tts, mengikuti gerak ritmik atau senam, banyak membaca, dan yang pasti adalah memperhatikan orang yang sedang diajak bicara dengan sungguh-sungguh dan konsentrasi penuh.itu akan sangat membantu memulihkan daya ingat.

Keinginan

Standar

pernah dipopulerkan oleh Indra Lesmana feat Sophia Latjuba
Lagu ini indah banget, apalagi dengar suaranya Mba Sophia…
merdunya….gak seperti suaraku yg seperti kaleng rombeng…..hehe..
wawlaupun demikian, aku suka konser sendiri…kalau gak di karoke box ya di kamarmandi…

Tak kuasa kumenahan jenuh ini
Kian lama kian menyesak
Menyiksa dalam hampa
Seharusnya kau biarkan ku memilih
Agar tiada kendala antara kita
Yang menjadi penyesalan

Kuingin memahami segala
Yang menjadi beban di benakmu
Hilangkanlah prasangka
Seolah ku mengekang keinginan
Yang kau pendam

Mungkin sulit untuk dapat dimengerti
Ku seperti ingin selalu terbang tinggi
Jauh tinggi..
Cinta ini tak akan mungkin memudar
Kata hati tak akan mungkin berubah
Jadinya.. karenanya..

Kuingin mengikuti segala
Yang menjadi hasrat di hatimu
Hilangkanlah prasangka
Seolah ku mengekang yang kau pendam

Global Warming dapat menenggelamkan negeri Kiribati

Standar

Image

Sekitar 50 tahun yang akan datang….

Republic of Kiribati, sebuah negara kepulauan di tengah-tengah Samudera Pasifik, tampak seperti mengambang di atas laut. Dari sekitar 100 ribu penduduk, hampir separuh atau sekitar 40 ribu tinggal di satu pulau dari 33 pulau yang ada di negara itu, yakni South Tarawa.

Yang jadi masalah, secara geografis, rata-rata ketinggian daratan negeri tersebut hanya sekitar 1,98 meter. Tanpa bantuan pemanasan global sekalipun, dataran sudah terancam, demikian pula pasokan air bersih untuk minum.

Untuk itu, kekhawatiran seputar perubahan iklim sangat terasa di negara tersebut. Meski baru perkiraan kasar, akibat pemanasan global, sejumlah ilmuwan memprediksi bahwa ketinggian air laut diperkirakan akan naik hingga hampir satu meter di akhir abad ini.

“Pemanasan global dan kenaikan permukaan laut akan memusnahkan negara-negara seperti Kiribati,” kata Anote Tong, Presiden Kiribati pada sebuah pertemuan badan dunia PBB yang membahas seputar iklim global. “Hal itu bisa terjadi dalam 50 tahun ke depan,” ucap Tong, seperti dikutip dari NPR, 17 Januari 2011.

Saat ini, warga Kiribati menyatakan bahwa mereka sudah merasakan perubahan di alam sekitar.

“Kini kami sudah jarang mendapatkan musim hujan,” kata Akka Rimon, Wakil Menteri Tenaga Kerja. “Setelah itu, negeri ini menjadi sangat kering dan panas. Krisis air terjadi, air menjadi asin dan payau.” 

Selain musim panas yang semakin panjang, negara tersebut juga telah mengalami perubahan lain. “Air laut kini sudah mencapai jalanan bahkan ke kawasan pemukiman penduduk,” kata Ata Merang, penduduk South Tarawa yang merupakan pulau utama Kiribati. “Di pulau North Tarawa, ombak laut terus menghancurkan tanaman di lahan pertanian. “Kubis, tomat, mentimun, semua musnah,” ucapnya.

Di Abaiang, salah satu pulau terluar Kiribati, dulu terdapat sebuah pemukiman penduduk bernama Tebunginako. Kini pulau itu tidak ada apa-apa lagi selain pohon kelapa yang sudah mati dan bekas-bekas dinding yang hampir runtuh. 

“Sekitar 35 tahun lalu, beberapa ratus kepala keluarga tinggal di kawasan itu. Namun laut mulai membanjiri perkampungan. Tanaman dan persediaan air minum habis,” kata Aata Maroieta, warga setempat yang telah mengungsi ke pulau lain. “Akhirnya badai besar datang dan melenyapkan kehidupan di sana.” 

Peneliti belum dapat memastikan bahwa masalah yang melanda kawasan tersebut diakibatkan oleh perubahan iklim. Catatan sejarah menyebutkan bahwa ada faktor lain seperti populasi berlebih dan konstruksi bangunan, yang juga berperan penting dalam musnahnya kawasan itu.

Namun demikian, tetap saja, perubahan iklim, khususnya ketinggian permuakaan laut sangat mempengaruhi keberadaan negeri tersebut. 

Taut

Kisi-kisi uts genap IPS kelas 8

Assalamualaikum .. Bapak ibu guru yang saya hormati, pada kesempatan ini saya memposkan kisi-kisi uts genap IPS kelas 8 dengan harapan bisa membantu bapak-ibu dalam penyusunan soal IPS , bisa  anda download disini

KISI-KISI UTS GENAP IPS KELAS VIII

Standar

Assalamualaikum, bapak-ibu yang saya hormati, pada kesempatan ini saya mencoba mempos kisi-kisi ulangan tengah semester gasal IPS kelas 8 yang saya ampu.
semoga bermanfaaat, bisa anda download disini..