RPP IPS SMP KELAS VIII KD 1.1

Standar

Nice info :bagi bapak/ibu guru ips yang belum punya rpp , monggo yang mau copas, gratisss…makasih …

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : ……………………….
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar     : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Alokasi Waktu            : 6 X 40 menit (3x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
– Menunjukan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia
– Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
– Menyajikan informasi tentang arah angin muson di Indonesia
– Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan          berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia
– Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia, dan              kaitannya dengan pembagian wilayah Wallance dan Weber
– Mendiskripsikan persebaran jenis tahah dan pemanfaatannya di Indonesia

 Karakter siswa yang diharapkan :Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian (carefulness)

B. Materi Ajar
Kondisi fisik wilayah indonesia
a. letak Indonesia
b. Iklim di Indonesia
c. Wilayah daratan
d. Keanekaragaman hayati
e. Persebaran jenis tanah di Indonesia

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi

b. Tanya jawab

c. Diskusi

d. Simulasi

e. Inquiri f. Observasi / Pengamatan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi : Kondisi fisik wilayah indonesia
. letak Indonesia
. Iklim di Indonesia

. Wilayah daratan

a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
– Letak geografis Indonesia sangat strategis.
– Indonesia adalah negara kepulauan karena jumlah pulaunya mencapai 17.508 pulau.

b. Kegiatan Inti :
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Guru meminta siswa untuk memperhatikan peta
 guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
 Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu
 melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang                      topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam                      takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
 menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan                sumber belajar lain;
 memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik            dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
 memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau            lapangan.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomi Indonesia
 Siswa menunjukan perubahan musim
 siswa mengamati peta untuk mendiskripsikan wilayah daratan di Indonesia
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru
 membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-          tugas tertentu yang bermakna;
 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk        memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
 memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan       bertindak tanpa rasa takut;
 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan                  prestasi belajar;
 memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan      maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun                kelompok;
 memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk       yang dihasilkan;

 memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan      dan rasa percaya diri peserta didik.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat                                      rangkuman/simpulan pelajaran;
 melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah                            dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
 memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
 merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,                    program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas           individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 2 dan 3
Materi : – Keanekaragaman hayati
– Persebaran jenis tanah di Indonesia

Pendahuluan
– Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
– Memotivasi kelas agar siap dalam proses pembelajaran :
– Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
– Apasaja flora dan fauna yang ada di Sumatera?
– Sebutkan jenis tanah di Indonesia

Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Informasi flora di Indonesia bagian barat
 Guru menanyakan flora di Indonesia dan dauna Indonesia
 Guru menjelaskan jenis tanah di Indonesia
 Guru menanyakan jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatan berbagai jenis                tanah di Indonesia
 melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang                      topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam                      takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
 menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan                sumber belajar lain;
 memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik            dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

 memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau            lapangan.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-          tugas tertentu yang bermakna;
 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk        memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
 Siswa membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru•
 Siswa merangkum dari hasil penjelasan guru dan membaca referensi
 memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan        bertindak tanpa rasa takut;
 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan                  prestasi belajar;
 memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan      maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun                kelompok;
 memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk      yang dihasilkan;
 memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan      dan rasa percaya diri peserta didik.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
 memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
 memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman            belajar yang telah dilakukan,
 memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam       mencapai kompetensi dasar:
 berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta      didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan            benar;
 membantu menyelesaikan masalah;
 memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
 memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
 memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum                              berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat                                       rangkuman/simpulan pelajaran;

 melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah                             dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
 memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
 merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,                    program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas            individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia.
_ Peta angin muson di Indonesia.
_ Peta pembagian wilayaf flora dan fauna Indonesia.
_ Peta persebaran jenis tanah di Indonesia.

F. Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian

 Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.

 Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

 Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

 Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.

 Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
1. Sebutkan letak astronomis wilayah Indonesia?

2. Jelaskan kaitan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

3. Buatlah peta pola angin muson di Indonesia!

4. Buatlah daftar jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s