PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Standar

pasti bapak ibu guru sudah sering menentukan KKM bahkan setiap tahun KKM setiap mapel selalu naik, tapi kalau hanya copy paste tanpa menghitung sendiri menjadi tidak sesuai dengan kriteria sekolah masing-masing yang pasti berbeda terutama daya dukung dan intake siswa, antara sekolah yang ada di kota dengan sekolah yang ada di pinggiran atau bahkan di pelosok negeri kita tercinta.mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi bapak ibu guru semuanya.mohon di vote and komen..

• KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
• KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
• KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
• Kriteria ditetapkan untuk masing-masing Indikator Pencapaian Kompetensi idealnya berkisar 75%
• Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal misalnya 70% tetapi bagi sekolah RSBI atau SSN bisa mendekati
KKM maksimal yaitu 100%
• Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas,Indikator pencapaian Kompetensi dan kemampuan sumber daya pendukung.
• KKM dapat di cantumkan dalam LHBS (lembar hasil belajar siswa)/ Raport sesuai model yang dipilih sekolah
Langkah-langkah penetapan KKM
1. indikator pencapaian kompetensi
2. menentukan kkm per kompetensi dasar
3. menentukan kkm setiap standar kompetensi
4. baru menentukan kkm mata pelajaran
Jadi kkm setiap kd bisa tidak sama tergantung pada kompleksitas, daya dukung dan intake siswa.

KRITERIA PENERAPAN KKM
• Kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi (Kesulitan & Kerumitan)
• Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
• Intake siswa (masukan kemampuan siswa)

kompleksitas :
tinggi 1
sedang 2
rendah 3
daya dukung :
tinggi 3
sedang 2
rendah 1
intake siswa :
tinggi 3
sedang 2
rendah 1
contoh : kompleksitas rendah(3) + daya dukung tinggi(3) + intake siswa sedang(2) x 100 : 9 = 88,89

atau menggunakan rentang nilai

kompleksitas
tinggi : 50-64
sedang : 65-80
rendah : 81-100

daya dukung
tinggi : 81-100
sedang : 65-80
rendah : 50-64

intake siswa
tinggi : 81-100
sedang : 65-80
rendah : 50-64

jadi tidak serta merta kkm langsung ditentukan tanpa melihat ketiga faktor tersebut dan KD yang harus dikuasai siswa.
Tetapi harus dihitung dulu dengan melihat setiap indikator dalam satu kompetensi dasar.
Cara yang mudah membuatnya dengan menggunakan microsoft exel dengan formula tertentu yang dapat digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s