RPP IPS SMP kelas VIII berkarakter

Standar

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, bulan Agustus ini materi sudah sampai KD 2, barangkali ada yang membutuhkan rpp ini silakan saja disedot..jangan lupa kasih rate sama komentarnya ya ..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 

Nama Sekolah          : SMP Negeri 1 K

Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester      : VIII / 1 (satu)

Standar Kompetensi    : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan

pertumbuhan jumlah penduduk

Kompetensi Dasar    : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan

upaya penanggulangannya

Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan kematian)dengan peduli sosial.
  • Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian agar kreatif.
  • Mengdentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian dengan teliti.
  • Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia dengan semangat kebangsaan
  • Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya dengan tanggung jawab.
  • Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya dengan kreatif.
  • Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia dengan semangat   kebangsaan
  • Mendeskripsikan kondisi penduduk Indnesia berdasarkan piramida penduduknya dengan tanggungjawab.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas penduduk, factor penyebab, dampak positif dan negative serta upaya penanggulangannya dengan kreatif.
  • Mendeskripsikan kualitas penduduk dan upaya mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia dengan semangat kebangsaan dan peduli social.

B. Materi Ajar

Kondisi penduduk Indonesia

  1. Kuantitas penduduk Indonesia
  2. kualitas penduduk Indonesia
  3. Dinamika penduduk Indoneisa
  4. Masalah kependudukan di Indonesia
  5. Upaya mengatasi masalah kependudukan di Indonesia

C. Metode Pengajaran:

a. Ceramah bervariasi

b. Tanya jawab

c. Inquiri

E. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan 1 dan 2

Materi :

  1. Kuantitas penduduk Indonesia
  2. Kualitas penduduk Indonesia

Pendahuluan :

v  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas

v  Menanyakan garis besar materi tentang kondisi penduduk Indonesia, yang merupakan     tugas membaca yang diberikan pada pertemuan sebelumnya

v  Apersepsi ( pengetahuan prasyarat ) :

– Salah satu siswa diminta menyampaikan garis besar hasil bacaan/tugasnya

Kegiatan Inti :

  •  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Guru membimbing jalannya diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
  • melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
  •  Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • Diskusi tentang faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.
  • Menghitung kepadatan penduduk dan mengamati peta dan tabel kepadatan penduduk  Indonesia.
  • Membuat macam-macam bentuk piramida penduduk.
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  • memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  •  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Memberikan tugas kepada siswa untuk menghitung dependency ratio

Pertemuan 3 dan 4

Materi : Dinamika penduduk Indonesia

v  Masalah kependudukan di Indonesia Upaya mengatasi masalah kependudukan di Indonesia

Pendahuluan

– Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas

– Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :

– Sudah seimbangkah sumber daya alam dan sumber daya manusia dinegara kita?

– Apa makna penduduk?

– Apersepsi ( pengetahuan prasyarat ) :

– Sumber daya manusia adalah semua potensi yang berhubungan dengan data

kependudukan yang dimiliki suatu daerah atau negar yang dapat digunakan untuk

memenuhi kebutuhan hidup manusia.

 Kegiatan Inti

  •  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
  •  Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • Diskusi tentang dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk.
  • Mengamati dan tanya jawab tentang tabel kependudukan.
  • Membuat grafik dan peta kependudukan.
  • Diskusi tentang jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulangannya.
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  • memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
    • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
    • membantu menyelesaikan masalah;
    • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
    • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
    • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Memberikan tugas rumah untuk CDR dan ASDR

E. Sumber Belajar

_ Peta Indonesia

_ Atlas

_ Peta persebaran penduduk di Indonesia.

_ Gambar-gambar yang relevan.

_ Buku Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar.

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

Ü Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk serta upaya mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.Ü Mendesripsikan angka kelahiran dan angka kematian, serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.

Ü Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.

Ü Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia

Ü Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.

Ü Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulangannya.

Ü Mendeskripsikan kualitas penduduk dan upaya mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia.

Tes tulisTes tulis

Tes tulis

Tes unjuk kerja

Tes tulis

Te s tertulis

Tes tulis

Tes tulis

 

Tes UraianTes Uraian

Tes Uraian

Uji petik kerja produk

Tes Uraian

Proyek

Tes Uraian

Pilihan ganda

 

Ü Sebutkah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami!Ü Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran!

Ü Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk!

Ü Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi diIndonesia!

Ü Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas!

Ü Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di daerahmu setiap bulan selama satu tahun!

Ü Jelaskan dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan!

Ü Pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh selisih angka kelahiran dan kematian disebut…..

  1. pertambahan penduduk
  2. pertumbuhan penduduk
  3. pertambahan penduduk umum
  4. pertumbuhan penduduk khusus

Ü Transmigrasi yang disebabkan tekanan penduduk didaerah asal disebut transmigrasi….

  1. swakarya
  2. umum
  3. sektoral
  4. lokal

Ü Rasio ketergantungan penduduk suatu negara dapat dihitung dari komposisi penduduk menurut…..

  1. matapencaharian
  2. umur
  3. agama
  4. tempat tinggal

Ü Adanya daerah pemukiman kumuh merupakan dampak…..emigrasi

urbanisasi

transmigrasi

migrasi

Ü Indikator kualitas penduduk yang paling berpengaruh adalah….

a. dependensi rasio

b.angka harapan hidup

c. komposisi penduduk

d. kelahiran

Ü Provinsi di Indonesia yang mempunyai kepadatan tertinggi adalah….

  1. Jawa barat
  2. Jawa tengah
  3. Jawa timur
  4. DKI –

Ü Tingkat pendapatan suatu negara merupakan faktor penting untuk melihat kualitas penduduk dari aspek…..

  1. sosial
  2. politik
  3. budaya
  4. ekonomi

Ü Berikut ini yang tidak termasuk indikator kualitas penduduk yang bersifat fisik adalah….

  1. pendidikan
  2. kesehatan
  3. ekonomi
  4. kerjasama

Ü Dibawah ini adalah faktor geografis yang mempengaruhi bentuk sarana dan prasaran perhubungan, kecuali…..

  1. iklim
  2. morfologi
  3. geologi
  4. kebudayaan

Ü indikator kualitas penduduk dalam bidang pendidikan adalah…..

  1. besarnya buta huruf
  2. banyaknya sekolah kejuruan
  3. banyaknya jumlah pengangguran
  4. jumlah penduduk yang masih sekolah                                                                                       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s