RPP LINGKUNGAN HIDUP

Standar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungbanteng
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar Kompetensi : Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit (1 x pertemuan)

INDIKATOR

-Kognitif proses : Mengidentifikasi upaya pelestarian lingkungan hidup

-Kognitif produk : Mengidentifikasi upaya pelestarian tanah
Mengidentifikasi pelestarian air
Mengidentifikasi upaya pelestarian udara
Mengidentifikasi upaya pelestarian hutan
Mengidentifikasi upaya pelestarian laut dan pantai
Mengidentifikasi upaya pelestarian flora dan fauna
Mengidentifikasi bentuk program pemerintah terhadap pecinta lingkungan

-Psikomotor : trampil menanam bunga dan melestarikannya dengan cara menyiram tanaman halaman kelas
-Afektif karakter: menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan
-Afektif kemampuan sosial : menunjukkan komunikasi efektif untuk bekerjasama dalam penanaman dan pelestarian lingkungan hidup
A. Tujuan Pembelajaran :
Kognitif proses : siswa mampu mengidentifikasi upaya pelestarian lingkungan hidup
-Kognitif produk : siswa mampu mengidentifikasi upaya pelestarian tanah, air, udara, hutan, laut dan pantai, flora dan fauna

-Psikomotor : siswa trampil menanam pohon dan melestarikannya dengan cara menyiram
-Afektif karakter : siswa mampu menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan
-Afektif kemampuan sosial : siswa mampu menunjukkan komunikasi efektif untuk bekerjasama dalam penanaman dan pelestarian lingkungan hidup

B. Materi Ajar
Upaya Pelestarian Lingkungan hidup
Upaya pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah
a. Pelestarian tanah
b. Pelestarian air
c. Pelestarian udara
d. Pelestarian hutan
e. Pelestarian laut dan pantai
f. Pelestarian flora dan fauna
g. Pelestarian dan Program dari pemerintah terhadap pecinta lingkungan hidup
C. Metode Pembelajaran:
a. Ceramah bervariasi
b. Diskusi kelompok
c. Demonstrasi
d. Tanya jawab
e. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
A. Kegiatan Pendahuluan
– Orientasi : guru menyampaiakn tujuan pembelajaran
: guru menayangkan gambar-gambar kerusakan lingkungan hidup melalui powerpoin
– Appersepsi :Guru menyampaikan contoh kerusakan lingkungan hidup yang ada disekitar kita
– Motivasi : guru menyampaikan manfaat mempelajari lingkungan hidup
– Pemberian Acuan: guru menyampaikan materi pokok tentang pelestarian lingkungan hidup
– Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok

B.Kegiatan Inti :
 Eksplorasi
 Guru menggali kemampuan siswa mengidentifikasi macam-macam kerusakan lingkungan
 Guru menggali kemampuan siswa mengidentifikasi upaya pelestarian lingkungan hidup
1.Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o Memfasilitasi belajar siswa untuk melakukan diskusi kelompok
o Membagi lembar kerja siswa perkelompok
o Melakukan penilaian proses diskusi kelompok dengan menggunakan rubrik pengamatan
o Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan siswa lain memberi tanggapan
o Siswa membaca bentuk upaya pelestarian yang dilakukan pemerintah dan beberapa bentuk program terhadap pecinta lingkungan
o Siswa melakukan demonstrasi menanam dan menyiram pohon didepan kelas
2. Konfirmasi
o Guru memberikan penegasan dan penguatan konsep
o Bersama siswa menarik kesimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o Membuat simpulan
o Evaluasi secara tertulis
o memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
o memberikan tugas browsing mengutip di internet tentang krisis sampah di beberapa negara berpenduduk banyak

E. Alat/ Bahan / Sumber Belajar
 materi melalui tayangan powerpoint
 gambar-gambar lingkungan hidup
 Buku IPS Yudhistira
 Buku IPS bse

F. Penilaian
a. – Jenis penilaian : kognitif, psikomotor, afektif
– Bentuk penilaian : PG
b. Kisi-kisi soal, soal, kunci jawban dan pedoman penilaian
c. Rubrik pengamatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s